5 Penyebab Mengapa Baterai Smartphone Lambat Terisi

Penyebab Mengapa Baterai Smartphone Lambat Terisi – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini smartphone berbasis Android merupakan perangkat yang sangat populer, perangkat mungil ini bahkan telah digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Hal tersebut tidaklah mengherankan karena smartphone berbasis Android memang telah bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam hal mulai dari fungsi utamanya sebagai alat komunikasi hingga untuk melakukan transaksi bisnis yang akan mampu meningkatkan produktivitas Anda.

Sama seperti perangkat elektronik yang lain, ponsel pintar atau smartphone tentu saja membutuhkan sumber tenaga untuk bisa membuatnya bekerja. Sumber tenaga yang dimiliki oleh smartphone adalah baterai yang mana merupakan salah satu komponen paling penting yang ada pada sebuah smartphone.Meskipun demikian, terkadang baterai smartphone terasa lambat untuk terisi sehingga membuat waktu pengecasan menjadi lebih lama. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas 5 penyebab mengapa baterai smartphone lambat terisi.

Wireless charging of modern black glossy metal touchscreen smartphone on wireless power charger isolated on white background

5 Penyebab Mengapa Baterai Smartphone Lambat Terisi

1. Koneksi Data Aktif

Salah satu hal yang menjadi penyebab mengapa baterai smartphone lambat terisi adalah karena koneksi data yang masih aktif, perlu Anda ketahui bahwa koneksi data akan membuat perangkat smartphone akan terus bekerja untuk mencari jaringan terbaik agar semua fungsinya berjalan normal. Sebaiknya Anda mematikan koneksi data pada saat melakukan charging agar baterai lebih cepat terisi.

2. Adapter Charger Rusak

Hal kedua yang juga bisa menyebabkan baterai smartphone lambat terisi adalah karena adapter charger yang rusak, adapter charger memiliki fungsi untuk memfilter arus yang masuk dari sumber listrik sebelum dialirkan melalui kabel charger. Apabila Anda merasa pengisian daya membutuhkan waktu yang lama, maka Anda bisa melakukan pengecekan terhadap adapter charger yang digunakan.

3. Kabel USB Rusak

Kabel USB yang rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa pengisian daya baterai smartphone menjadi lambat. Apabila Anda tidak menemukan kerusakan pada adapter charger, maka Anda bisa memeriksa kabel USB-nya. Anda bisa melakukannya dengan mencoba menggunakan kabel USB yang lain, jika benar maka Anda harus mengganti kabel USB dengan yang baru.

4. Kabel USB Tidak Terpasang Sempurna

Hal selanjutnya yang juga bisa menjadi penyebab mengapa baterai smartphone lambat terisi adalah karena kabel USB yang tidak terpasang sempurna, pasalnya hal ini akan membuat pengisian daya baterai menjadi tidak optimal. Biasanya banyak pengguna smartphone yang terburu-buru menancapkan kabel USB ke smartphone-nya sehingga kabel tersebut belum terpasang secara sempurna.

5. Port USB Rusak

Apabila Anda sudah memeriksa adapter charger serta kabel USB dan ternyata keduanya tidak mengalami kerusakan, maka bisa jadi masalahnya adalah port USB yang ada pada smartphone. Port USB yang rusak akan membuat waktu pengisian daya menjadi lama atau bahkan tidak bisa melakukan pengisian daya, port USB yang rusak bisa terjadi karena arus listrik yang berlebih.

Apabila Anda merasa pengisian daya baterai pada smartphone berjalan sangat lambat, maka Anda bisa mengetahui beberapa penyebabnya di atas.

Kata kunci pencarian:

, , penyebab pengecasan hp menjadi lambat
loading...
5 Penyebab Mengapa Baterai Smartphone Lambat Terisi | Makka El Fatih Setiawan | 4.5