Cara Memulai Usaha Kecil Menengah dari Awal bagi Pemula

Bagai para pemula, memulai usaha memang sedikit membingungkan. Apalagi buat kalian yang ingin mencoba-coba, namun tidak ingin merugi. Diperlukan analisis yang kuat untuk memulai suatu usaha hahaha supaya nantinya bisa menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

Nah untung saja kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana sih cara memulai bisnis umkm bagi para pemula yang ingin terjun ke bidang wirausaha. Penasaran? mari kira bahas satu persatu dibawah ini

Memastikan Jenis Bisnis

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan jenis bisnis yang akan Sobat jalankan kedepannya. Untuk Sobat yang masih pemula tidak perlu memulai bisnis yang besar, cukup bisnis yang memerlukan moda kecil, contohnya bisnis jual masker, jual makanan ataupun bisa juga mencoba bisnis jasa catering.

Mendapatkan Suport Keluarga

Hal terpenting dalam berbisnis yaitu dukungan dari keluarga, karena apabila keluarga mendukung maka keluh kesah selama Sobat berbisnis akan bisa diatasi dengan baik. Dan dukungan keluarga juga bisa menentukan apakah bisnis Sobat akan berjalan dengan baik atau tidak.

Tidak Takut Kegagalan

Tantangan terbesar ketika baru saja memulai sebuah bisnis yaitu takut akan kegagalan, maka dari itu banyak sekali orang yang gagal dalam enterpreneur karena mentalnya tidak kuat ketika menghadapi sebuah cobaan. Pengbisnis sejati tidak akan takut gagal, bahkan mereka menganggap bahwa kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda.

Memperluas Network

Ketika Sobat memulai sebuah bisnis umkm misalnya, maka perbanyaklah relasi apabila sedang berada di luar rumah karena apabila Sobat mendapat berbagai banyak relasi maka secara otomatis akan banyak juga orang yang akan mengenal bisnis yang sedang Sobat jalankan. Selain itu, Sobat juga akan mendapatkan berbagai macam pengalaman yang bisa Sobat terapkan di bisnis Sobat kedepannya.

Meningkatkan Skill Administrasi

Apabila Sobat sendirian dalam membangun sebuah bisnis maka jangan pernah lelah dalam belajar terutama belajar administrasi. Karena dalam dunia bisnis semua pasti berhubungan dengan administrasi, mulai dari cara membeli barang yang berkualitas, mengatur keuangan sampai memanajemen waktu.

Mematok Waktu Mulai

Memulai sebuah bisnis bisa dilakukan kapan saja sesuai keinginan Sobat, tetapi lebih baik dilakukan mulai sekarang karena jika Sobat terlalu lama menunda maka bisnis Sobat tidak akan berkembang. Ada pepatah yang mengatakan bahwa kita harus sedia payung sebelum hujan. Maksud dari pepatah tersebut yaitu kita harus sesegera mungkin untuk mempersiapkan diri dengan baik terutama dalam hal finansial karena apabila Sobat diberhentikan dari perbisnisan swasta, kedepannya tidak akan bingung mencari uang kemana lagi.

Baca juga : Ide Usaha Langka Tapi Menguntungkan

Membuat Produk yang Berbeda

Apabila Sobat ingin sukses dalam enterpreneur, Sobat harus cerdas dalam memilih produk dan bagaimana cara memodifikasi produk tersebut agar berbeda dari produk sebelah. Sebuah bisnis akan berjalan dengan baik jika produk yang dipasarkan memiliki keunikan yang tinggi. Maka dari itu tujuan dari kita enterpreneur yaitu salah satunya untuk meningkatkan kreativitas.

Mengatur Strategi Marketing

Segeralah marketingkan produk Sobat melalui media sosial, mengapa media sosial? Karena hampir semua masyarakat Indonesia setiap harinya tidak bisa lepas dengan yang namanya media sosial. Sobat bisa memmarketingkan produk lewat whatsapp, facebook, atau bisa juga melalui Instagram. Apabila Sobat rutin dalam melakukan marketing, maka bisnis yang Sobat lakukan akan cepat berkembang.

Memaksimalkan Servis 

Dalam menjalankan sebuah bisnis Sobat harus selalu bersikap baik dan jujur terhadap klien, karena klien tersebut akan menilai Sobat dari segi perilaku dan apabila perilaku Sobat baik maka klien akan kembali membeli produk Sobat, bahkan akan berlangganan seterusnya.

loading...
Cara Memulai Usaha Kecil Menengah dari Awal bagi Pemula | Makka El Fatih Setiawan | 4.5