Daftar Permainan Tradisional Indonesia yang Bisa Ngalahin Gadget

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budayanya. Setiap daerah yang berada di Indonesia mempunyai budayanya masing-masing. Dari beragamnya budaya tersebut telah melahirkan berbagai macam permainan tradisional yang unik. Dan untuk setiap daerah pastinya mempunyai permainan tradisionalnya sendiri.

Daftar Permainan Tradisional Indonesia yang Bisa Ngalahin Gadget

Beberapa permainan tradisional yang mungkin masih sering kita temui pada saat ini adalah petak umpet, sedangkan untuk yang lainnya bisa dibilang sudah hampir terlupakan dengan datangnya gadget.

Nah, untuk anda yang merasa kangen dengan permainan tradisional Indonesia, berikut ini kami akan mengajak anda untuk kembali bernostalgia dengan mengingat beberapa permainan tradisional Indonesia yang serunya bisa mengalahkan gadget.

Permainan Kelereng atau Gundu

Masih ingatkah anda dengan permainan gundu?? disebagian daerah permainan yang satu ini mempunyai sebutan permainan kelereng. Untuk bisa ikut memainkannya anda harus mempunyai kelereng. Dan kebanyakan permainan yang satu ini dimainkan oleh anak laki-laki.

Cara mainnya adalah anda hanya perlu menyentilkan kelereng yang anda punyai dan harus mengenai kelereng lawan. Jika anda kalah dalam permainan ini, maka kelereng anda akan menjadi milik lawan.

Permainan Gobak Sodor atau Benteng Sodor

Permainan tradisional selanjutnya adalah gobak sodor atau benteng sodor. Permainan ini cukup seru dimainkan dengan banyak anak, karena sistem dari permainan ini adalah berkelompok. Biasanya dalam 1 kelompok mempunyai minimal 2 orang. Dalam gobak sodor ini anda harus cepat dalam berlari, karena jika sampai tertangkap oleh lawan berarti anda kalah.

Permainan Lompat Tali

Dulu anak-anak rela tidak jajan hanya untuk membeli karet gelang yang kemudian dirangkai agar bisa digunakan untuk bermain lompat tali. Lompat tali bisa dimainkan dengan minimal 3 orang anak, karena 2 orang anak memegangi tali dan 1 anak bermain. Namun jika tidak ingin memegang tali, maka bisa diikatkan pada pohon.

Untuk cara bermain lompat tali ini adalah dengan diletakkan pada yang paling bawah, kemudian semakin keatas dan keatas dan harus bisa melompatinya. Jika tidak bisa berarti anda harus mengulanginya lagi sampai berhasil.

Permainan Boi-Boian

Mungkin tidak semua daerah mengenal permainan boi-boian, karena memang permainan yang satu ini tidak sepopuler lompat tali. Permainan ini cukup seru dimainkan karena cara memainkannya secara ramai-ramai.

Anda perlu mengajak 5 hingga 10 anak untuk melakukan permainan ini. Selanjutnya anda perlu menyusun pecahan genteng dengan cara ditumpuk, setelah itu siapkan bola untuk melempar tumpukan pecahan genteng tadi. Jika ada salah satu yang melempar dan mengenai tumpukan tadi, maka dia bertugas untuk jaga dan menata ulang tumpukan yang telah dirobohkan.

Permainan Ular Naga

Nah, ini dia salah satu permainan yang tak kalah serunya untuk dimainkan, ular naga. Biasanya permainan ular naga ini dimainkan oleh lebih dari 5 orang anak, karena semakin banyak anak semakin panjang dan juga seru.

Cara bermain ular naga ini adalah dengan memilih 2 orang menjadi penjaga dan sisanya menjadi ular dan harus melewati penjaga tersebut. Pemain harus memilih penjaga mana yang akan diikutinya nanti dengan cara hompimpa.

Itulah beberapa permainan tradisional Indonesia yang keseruannya bisa mengalahkan gadget. Untuk anda yang belum pernah mencobanya, yakin tidak tertarik?

loading...
Daftar Permainan Tradisional Indonesia yang Bisa Ngalahin Gadget | Nie Na | 4.5