Fakta Menarik Kotoran Rayap yang Wajib Kamu Tahu

Kotoran identik dengan sesuatu yang berbau tak sedap dan menjijikan. Seperti namanya, kotoran memang tidak enak dipandang. Maka dari itu, orang-orang biasa langsung menyingkirkannya ketika terdapat kotoran menempel di lantai atau di benda lain.

Namun, semua konsep di kepala kita tentang kotoran akan terbantahkan, ketika Anda mengetahui beberapa fakta dari kotoran rayap. Apa saja fakta menarik tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.

Kotoran Rayap

Semua makhluk hidup sekecil apapun pasti akan mengeluarkan kotoran. Pasalnya, mereka pasti memerlukan makanan, dan makanan tersebut akan dicerna oleh tubuh dengan hasil akhir berupa kotoran. Begitu juga dengan makhluk super mini bernama rayap, mereka akan mengeluarkan kotoran yang nantinya akan dijadikan sebagai sarang. Hal inilah yang terlihat rayap begitu ajaib. Tuhan telah membekalkan kemampuan sedemikian rupa, sehingga makhluk sekecil itu bisa menjalani hidup dan mempertahankan eksistensinya di dalam sarang.

Fakta Menarik Kotoran Rayap

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik kotoran rayap yang harus Anda ketahui.

Kotoran Rayap Tidak Bau dan Menjijjkan

Berbeda dengan kotoran makhluk hidup lainnya yang terkesan bau dan menjijikan,  kotoran rayap tidak menjijikan sama sekali. Bahkan jika dalam keadaan kering, kotoran rayap terlihat seperti butiran pasir dengan warna menyerupai kayu.

Mengapa demikian? Karena rayap tidak makan yang lain selain kayu. Sementara kayu bukanlah benda yang mudah busuk, sehingga walaupun sudah dicerna sedemikian rupa oleh tubuh rayap dan menjadi kotoran, bau yang ditimbulkan bukanlah bau busuk.

Rayap hanya mengambil bagian selulosa dan diserap oleh tubuhnya. Sisanya dikeluarkan kembali menjadi kotoran dibantu oleh mikroba bernama reticulitermen speratus.

Sistem Pencernaan Rayap yang Berguna Bagi Manusia

Dalam tubuh sekecil rayap terdapat sistem pencernaan yang cukup komplek. Rayap memiliki alat pencernaan bernama hidgut yang di dalam tubuh manusia seperti halnya usus besar. Berdasarkan penelitian, hidgut rayap dihuni oleh mikroba yang dapat menghasilkan cetrin.

Cetrin dimanfaatkan dalam dunia medis sebagai protein yang sangat membantu dalam pembelahan sel. Hal ini, dijadikan sebagai salah satu pintu bagi tim medis untuk mengkaji lebih jauh tentang pembelahan sel.

Kotoran Rayap sebagai Makanan

Tahukah Anda? Ternyata kotoran rayap juga dimakan oleh rayap. Hanya saja, mereka tidak memakan kotorannya sendiri, melainkan yang dikeluarkan oleh rayap lain. Tujuannya adalah untuk menyalurkan bakteri baik yang nantinya sangat berguna untuk eksistensinya dalam menjalani kehidupan.

Itulah sekelumit informasi mengenai fakta menarik kotoran rayap. Sebagaimana disebutkan di atas, ada beberapa hal yang membuat kotoran rayap berbeda dengan kotoran pada umumnya. Namun, walau Bagaimana pun rayap yang memangsa furniture, kusen, atau bagian dari rumah tetap saja merugikan.

Segera lakukan pembasmian sebelum berbagai material yang dihuni oleh koloni rayap koyak. Agar pembasmian tersebut bisa dilakukan hingga ke Akarnya dan mencegah rayap tersebut datang kembali, gunakan jasa anti rayap Bali. Namun, pastinya lokasinya ada di Pulau Dewata yah.

loading...
Fakta Menarik Kotoran Rayap yang Wajib Kamu Tahu | Ira Nurhasanah | 4.5