5 Bahan Antibakteri Alami untuk Memperkuat Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah kita ketahui jika kita semua sangat rentan terhadap yang namanya bakteri. Kita mudah terserang bakteri kapan saja dan dimana saja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan agar terjauh dari bakteri, diantaranya seperti rajin berolahraga, sering mengkonsumsi makanan atau vitamin yang mengandung antibakteri dan lain sebagainya.

Jika berbicara tentang antibakteri, sebenarnya sangat banyak sekali makanan yang mengandung antibakteri yang sangat mudah ditemukan disekitar kita. Nah, jika anda ingin tahu kira-kira makanan alami apa sajakah yang mengandung antibakteri yang ada disekitar kita? berikut ini akan kami ulaskan untuk anda semua.

Beberapa Bahan Antibakteri Alami

Madu

Salah satu bahan alami yang sudah lama terkenal sebagai antibakteri adalah madu. Madu juga sudah dikenal sebagai salah satu senjata antibiotik tertua yang ada di dunia. Orang-orang Mesir pada zaman dahulu sudah sering menggunakan madu sebagai antibiotik alami serta sebagai pelindung kulit.

Madu sendiri mempunyai banyak sekali kandungan yang mempunyai hidrogen peroksida yang bermanfaat sebagai penangkal bakteri. Selain itu, madu juga mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi dengan fungsi untuk menghentikan perkembangan bakteri tertentu. Madu juga mempunyai pH yang lebih rendah, jadi bisa menarik kelembaban dari bakteri, sehingga bakteri akan dehidrasi dan mati.

Cara menggunakan madu untuk antibiotik sangatlah mudah. Silahkan anda oleskan madu pada area luka yang terkena infeksi. Jika untuk mengobati dari bagian dalam, maka anda bisa mengkonsumsinya.

Lemon

Selain madu, lemon juga merupakan bahan antibakteri alami yang bisa digunakan untuk melawan bakteri. Lemon mempunyai kandungan asam sitrat yang mampu membunuh bakteri. Untuk itu sari lemon sering digunakan sebagai bahan untuk sabun pencuci piring, karena mempunyai sifat yang mampu memurnikan sebuah logam yang teroksidasi seperti panci dan teman-temannya.

Jahe

Jahe juga merupakan sebuah rempah yang mempunyai kandungan untuk antibiotik. Jahe sendiri mempunyai kandungan yang mampu meredakan peradangan tubuh dan juga bisa melawan kuman yang menjadi penyebab terjadinya infeksi seperti Staphylococcus, E. coli dan juga Streptococcus.

Bawang Putih

Bahan antibakteri selanjutnya yang sangat mudah ditemui disekeliling kita adalah bawang putih. Sebuah riset mengungkapkan jika bawang putih dapat menjadi penangkal bakteri seperti escherichia coli dan juga salmonella. Bakteri yang meyebabkan terjadinya infeksi jamur bisa dibasmi dengan menggunakan bawang putih. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi bawang putih tersebut setiap hari sebanyak dua siung.

Cuka

Cuka juga terkenal sebagai salah satu bahan ampuh pembunuh bakteri, pasalnya cuka sendiri mempunyai kandungan asam asetat. Asam asetat sendiri diklaim sebagai pembunuh mikroba yang sangat ampuh.

Nah, itulah beberapa bahan antibakteri yang bisa digunakan untuk kekebalan tubuh. Jika saat ini anda sedang membutuhkan antibiotik untuk menjaga kekebalan tubuh anda, maka anda bisa mengkonsumsi salah satu bahan daribeberapa bahan yang ada diatas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

loading...
5 Bahan Antibakteri Alami untuk Memperkuat Kekebalan Tubuh | Nie Na | 4.5