Review Sippy Cup dari Dr. Browns dan Tomme Tippee untuk Si Kecil

Beranjak besar, bayi bisa mencoba menggunakan sippy cup untuk belajar minum sendiri. Bagi Anda yang ingin mencoba memakai botol tersebut untuk si kecil hendaknya perhatikan dengan baik setiap produk. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan tentang botol bayi dari produk dr.Browns dan Tomme Tippee di bawah ini.

Review untuk Sippy Cup Dr.Browns

  1. Smart sippy cup anti tumpah

Dr.Browns menghadirkan training cup kekinian yang benar-benar dibutuhkan oleh para ibu saat ini. Cups bayi ini didesain dengan konsep anti tumpah sesuai masalah yang sering dialami saat bayi mulai belajar minum dimana sering tumpah atau bocor.

Agar tidak tumpah cangkir bayi ini sudah dilengkapi dengan sistem spill space value dimana air akan keluar jika dihisap. dengan sistem ini si kecil bisa minum dengan baik tanpa khawatir susu akan tumpah dari sedotan dan kebutuhan asupan bayi terpenuhi.

  • Nipple yang lembut

Sippy cup ini mempunyai nipple yang lembut dan elastis sehingga nyaman di mulut si kecil. hal tersebut disebabkan nipple/sippy spout terbuat dari 100% silicone yang lembut, halus, elastis dan aman sehingga dapat digunakan sesuai dengan posisi si kecil tanpa takut bocor. Kelembutan straw cup ini memerikan pengalaman minum bayi layaknya minum ASI langsung dari sang ibu.

Selain itu, botol minum bayi ini cukup mudah dibersihkan dengan model lepas pasang yang efektif. Menariknya lagi, bagian tutup menempel dengan botol sehingga bagi ibu yang mencuci botol tersebut tidak perlu khawatir mencari tutup botol yang hilang.

  • Double handle tidak terkunci

Cups bayi dari produk ini memiliki double handle di samping kiri dan kanan yang sangat cocok jika diberikan ke si kecil yang baru belajar minum. Namun, double handle tersebut tidak paten sehingga kurang efektif karena berputar saat digunakan.

  • BPA Free dan bebas bahan kimia

Bahan yang digunakan pada training cup produk ini sangat amat karena tidak mengandung Bisphenol A atau lebih dikenal dengan BPA. BPA ini merupakan zat kimia sintetis yang membuat botol kokoh dan tahan panas.

Selain BPA Free, produk cangkir bayi ini terbuat dari bahan polypropylene. Bahan tersebut aman digunakan untuk minum bayi dan tidak mempengaruhi rasa atau tekstur susu atau minuman si kecil.

  • Praktis dan higienis

Botol minum bayi ini sangat praktis karena setiap bagian mudah dilepas dan dipasang. Bagian tutup yang menempel dan takaran pada bagian cangkir membuat ibu mudah mengatur asupan minum si kecil sesuai dengan kebutuhan.

Training cup bayi ini juga termasuk botol anti jamur karena pada bagian bawah botol yang transparan sehingga mudah terlihat jika ada kotoran yang menempel. Selain itu, setiap bagian botol bayi ini mudah dibersihkan dan dijangkau dengan sikat botol.

Review Sippy Cup dari Tomme Tippee

  1. Smart cup dengan sistem anti tumpah

Cangkir bayi dari Tomme Tippee menggunakan smart cup modern yang anti tumpah seperti produk sebelumnya. air akan langsung keluar saat si kecil menghisap nipple. Sebaliknya ia tidak akan tumpah saat tidak dihisap bahkan dengan posisi horizontal.

  • Pas dengan mulut dan terdapat saringan pada nipple

Nipple dari produk straw cup ini sedikit berbeda karena teksturnya tidak terlalu lembut sehingga kemungkinan kurang nyaman saat digunakan. Namun kelebihannya ia memiliki ukuran yang pas di setiap sudutnya dengan mulut si kecil.

Nipple straw cup ini valve atau alat penyaring cairan sehingga bayi benar-benar minum dengan nyaman. Untuk membersihkan valve ini bisa dibuka terlebih dahulu lalu dicuci dengan air bersih. Sedangkan kekurangannya tidak bisa dibedah sehingga untuk menghindari gumpalan sebaiknya straw cup hanya diisi air putih atau minuman yang tidak mengandung bubuk.

  • Double handle terkunci

Kelebihan cups bayi dari Tomme Tippee ini adalah bagian double handle yang terkunci. Dengan begitu gagang tidak akan mudah berputar serta menjadi lebih nyaman digunakan untuk si kecil minum.

  • Tutup dan botol terpisah

Kekurangan produk ini adalah bagian tutup botol dan cangkir bayi terpisah sehingga harus hati-hati menyimpannya. Selain itu, tidak ada takaran air pada cangkir, jadi harus menghitung dan mengukur sendiri takaran minum untuk si kecil.

Kapan Sebaiknya Ganti Botol Susu?

  1. Muncul retakan pada botol

Menggunakan sippy cup tidak berarti Anda bebas menggunakannya selama mungkin karena ternyata, botol bayi perlu diganti dalam kurun waktu tertentu. Memang terlihat sepele, apalagi jika botol masih terlihat bagus. Sebaiknya segera ganti sippy cup ketika muncul retakan karena dikhawatirkan tumpah atau bocor.

  • Banyak goresan

Ada beberapa macam cups bayi yang terbuat dari kaca. Saat menggunakan botol susu tersebut sebaiknya perhatikan dengan baik karena jika ada retakan atau goresan rentan pecah sehingga cukup berbahaya. Straw cup yang tergores juga memudahkan kuman dan bakteri masuk ke dalam botol.

  • Botol mulai berubah warna

Segera ganti jika botol minum bayi sudah berganti warna menjadi keruh dan kekuningan. Perubahan warna botol ini juga menandai bahwa tidak dicuci dengan benar dan bersih sehingga masih ada kuman yang menempel.  Botol yang bagus mempunyai kondisi yang bersih, bening serta tidak berbau.

Berapa Lama Botol Bisa Digunakan?

Training cup untuk bayi memiliki batas waktu untuk digunakan. Apabila Anda menggunakan botol bayi yang bertuliskan “BPA Free” sebaiknya ganti paling tidak 6 bulan sekali. Adapun maksud dari BPA Free ini adalah botol terbebas dari zat kimia sintetis Bisphenol A.

Namun sebaliknya jika cangkir bayi tidak menggunakan BPA. Anda harus menggantinya jauh lebih sering atau sesuai dengan kondisi botol yang digunakan asal tidak lebih dari 3 bulan.

Amankah Merebus Botol Minum Bayi?

Proses merebus training cup bayi banyak dipertanyakan, apakah aman atau tidak? Merebus botol bayi ini disebut dengan proses sterilisasi yang umumnya dilakukan untuk botol baru atau botol tersebut baru digunakan bayi lain.

Merebus botol minum bayi ini dapat dilakukan dengan aturan dan batas waktu tertentu. Rebus air hingga suhunya mencapai 80°C, lalu masukkan botol yang sudah dipisahkan mulai dari tutup hingga botol. Rebus selama lima menit kemudian angkat dan letakkan di atas handuk kering.

Namun, seorang ilmuwan Greenpeace Exeter bernama David Santillo mengatakan bawah proses sterilisasi cups bayi dapat mengeluarkan kandungan BPA dan zat kimia lebih cepat. Saat senyawa dari BPA ini keluar dapat berdampak buruk bagi kesehatan si kecil. Jadi, ibu bisa memilih mana pendapat terbaik dan aman untuk kesehatan bayi. Demikian review singkat mengenai sippy cup untuk si kecil dari dr.Browns dan Tomme Tippee. Setiap produk tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menyesuaikan botol minum bayi mana yang pas dan memang dibutuhkan untuk keperluan si kecil. Jadi, perhatikan dengan cermat dan jangan sampai salah pilih.

loading...
Review Sippy Cup dari Dr. Browns dan Tomme Tippee untuk Si Kecil | Makka El Fatih Setiawan | 4.5