Tanda-tanda Imun Tubuh Menurun dan Cara Mengatasinya

Menjaga imun tubuh adalah hal penting yang harus dilakukan, terutama pada masa pandemi Covid-19. Jika tidak, imun tubuh dapat menurun dan meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit.

Imun tubuh yang lemah tidak hanya menimbulkan penyakit fisik, namun juga bisa menyerang psikis. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda imun tubuh menurun.

Tanda dan gejala imun tubuh menurun

Beberapa tanda dan gejala bahwa daya tahan tubuh Anda menurun, diantaranya adalah:

  • Mengalami pilek dan flu

Gejala paling umum saat daya tahan tubuh menurun adalah mengalami pilek dan flu. Mengalami pilek dan flu sebanyak 2 hingga 3 kali dalam setahun adalah hal yang normal. Kondisi ini juga bisa pulih kembali dalam 7 hingga 10 hari. Namun, jika proses penyembuhan berlangsung lebih lama, sistem imun Anda sedang berjuang untuk mengimbanginya.

  • Kelelahan

Jika Anda kelelahan hingga sulit untuk bangun atau terjaga sepanjang hari, Anda perlu mencurigainya. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa daya tahan tubuh Anda sedang terganggu.

Terdapat hubungan antara kelelahan, tidur, dan sistem imun. Saat daya tahan tubuh menurun, tubuh akan kelelahan dan berdampak buruk pada tidur.

  • Masalah pencernaan

Makanan yang baik adalah makanan yang dikonsumsi sesuai kebutuhan dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun, terkadang makanan yang telah dikonsumsi malah menimbulkan masalah pencernaan, seperti kembung, diare, dan kram. Pencernaan yang terganggu bisa menjadi tanda bahwa daya tahan tubuh Anda sedang melemah.

70 persen dari jaringan sistem imun tubuh berada di usus, sehingga saat imun tubuh menurun Anda perlu mewaspadai sistem pencernaan.

  • Masalah kulit dan pemulihan luka lambat

Terkadang, saat daya tahan tubuh menurun akan terlihat gejalanya pada kulit Anda. Pada beberapa kasus sistem imun yang melemah, akan muncul permasalahan seperti eksim, infeksi bakteri, jamur, reaksi alergi, hingga proses penyembuhan luka yang lambat.

Sistem imun yang berhubungan dengan masalah pada kulit biasanya timbul karena faktor stres dan pola makan buruk yang menimbulkan imunosupresi.

  • Nyeri sendi

Nyeri sendi yang berulang bisa menjadi gejala daya tahan tubuh yang menurun. Jika imun tubuh menurun dalam waktu yang lama, akan muncul peradangan pada pembuluh darah yang disebabkan autoimun atau infeksi. Anda juga bisa mengalami nyeri pada kaki dan sendi bengkak saat kekebalan tubuh lemah.

  • Rentan infeksi

Sistem imun pada tubuh terdiri dari antibodi, kelenjar getah bening, dan sel darah putih. Jika Anda mengalami kekurangan sel darah putih, maka tubuh akan lebih rentan terhadap infeksi.

Cara meningkatkan imun tubuh

Untuk menghindari gejala dan penyakit yang ditimbulkan saat imun tubuh menurun, Anda perlu melakukan berbagai cara meningkatkan imun tubuh, seperti menerapkan beberapa pola hidup, diantaranya adalah:

  • Mengonsumsi banyak sayur dan buah

Sayur dan buah memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, maka dari itu kedua jenis makanan ini bisa membantu menjaga imun tubuh. Buah dan sayur dengan warna yang cerah mengandung antioksidan di dalamnya. Antioksidan memiliki peran penting dalam menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang bisa merusak sel imun.

Jika mengalami infeksi, Anda bisa mengkonsumsi rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, dan jintan karena terdapat sifat antimikroba dan antivirus di dalamnya.

  • Rutin berolahraga

Olahraga yang dilakukan dengan rutin bisa menurunkan risiko penyakit kronis, sepeti diabetes, jantung, infeksi akibat virus atau bakteri, dan obesitas. Maka dari itu, rutin berolahraga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun dan terhindar dari berbagai penyakit.

  • Tidur dengan cukup

Istirahat yang paling baik adalah tidur cukup dan berkualitas. Saat tidur, tubuh melakukan regenerasi dan penyembuhan sehingga berperan penting dalam meningkatkan imun tubuh. Jika jam tidur kurang, imun tubuh akan terganggu sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

  • Menghindari alkohol dan rokok

Mengonsumsi alkohol dan merokok bisa membuat imun tubuh menurun dan menimbulkan berbagai penyakit. Bahkan, perokok aktif memiliki risiko tinggi mengalami masalah paru, seperti pneumonia dan bronkitis. Mengonsumsi alkohol juga bisa meningkatkan risiko penyakit paru.

  • Mengonsumsi suplemen vitamin C

Selain makanan yang sehat dan bergizi, Anda juga bisa meningkatkan imun tubuh dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Vitamin ini adalah salah satu nutrisi penting dalam meningkatkan imun tubuh yang mampu melawan ancaman penyakit dengan mendukung fungsi seluler pada sistem imun. Imun memiliki peran penting untuk memastikan tubuh Anda tetap sehat. Jangan remehkan jika Anda mengalami gejala imun tubuh menurun. Segera lakukan penanganan agar daya tahan tubuh dapat meningkat kembali. Jika semakin parah, maka Anda bisa berkonsultasi kepada dokter.

loading...
Tanda-tanda Imun Tubuh Menurun dan Cara Mengatasinya | Makka El Fatih Setiawan | 4.5