Tips Membeli Rumah Bekas

Jika dalam waktu dekat anda memiliki rencana untuk membeli rumah bekas maka anda tentu anda harus memikirkanya dengan matang.  Pada dasarnya banyak sekali alasan orang untuk melakukan pembelian rumah bekas misalnya saja karena keterbatasan dana atau suka dengan hal klasik dan vintage sehingga lebih nyaman dengan style rumah lawas.  Biasanya rumah-rumah lama identik dengan hal-hal jadul yang teresan elegan dan jadul seperti penggunaan  pintu jepara ataupun relief serta ukiran yang penuh dengan detail.

hunian menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi semua orang, tidak dinilai dari ukuranya yang paling penting dari semua itu adalah kenyamanan serta keamanan penghuninya ketika berada di rumah tersebut.  Kali ini kami akan membagikan beberapa Tips Membeli Rumah Bekas yang bisa anda jadikan referensi.  Tips ini sangat ideal untuk diterapkan dalam membeli rumah agar anda tidak tertipu serta mendapatkan hunian sesuai impian dan kebutuhan. Dan berikut informasinya.

  1. Tentukan agen atau broker yang tepat

Jika anda membeli rumah melalui perantara, pastikan bahwa broker atau agen properti yang profesional dan terpercaya.  Properti merupakan aset yang bernilai tinggi maka dari itu anda harus berhati-hati terutama untuk legalitas dokumen serta surat menyurat lainnya. Agen properti yang sudah terpercaya dan berpengalaman juga sangat paham dalam berurusan dengan pembayaran bahkan bisa membantu anda mendapatkan pinjaman atau pengajuan KPR.

  • Ketahui umur properti anda

Jika anda membeli rumah bekas, tenyakan kapan rumah tersebut di bangun. Idealnya rumah dikategorikan baru jika berusia di bawah 10 tahun, antara 10-20 tahun usia sedang sedangkan usia lebih dari 20 tahun dianggap tua.  Makin tua makan rumah makin menurun kualitasnya dan tentu saja memakan banyak biaya ketika renovasi.

  • Periksa legalitas dokumen

Tanyakan kelengkapan dokumen serta legalitas properti seperti sertifikat atau SHM, sertifikat IMB, sertifikat pajak bumi bangunan atau PBB, rekening listrik dan lain-lain.  Periksa apakah nama yang tertulis dalam dokumen tersebut sesuai dengan nama pemilik atau penjual rumah. Jika ternyata tidak sama, lakukan pemeriksaan lebih lanjut agar tidak muncul masalah di kemudian hari.

  • Kenali harga pasaran rumah

Periksa dan cari tahu berapa harga pasaran dari rumah di sekitar rumah yang ingin anda beli.  Dengan mengetahui hal tersebut tentu saja bisa menjadi tolak ukur anda dalam melakukan negosiasi harga.

Tips Membeli Rumah Bekas yang baru saja kami bagikan tentu saja bisa menjadi inspirasi tersendiri bagi anda dalam memilih hunian sesuai kebutuhan dan budget tentunya.  Selain tips tips di atas tentu saja perhatikan pula  pendapat dari keluarga anda jika anda akan menempati rumah tersebut dengan mereka.  Pastikan juga lingkungan rumah yang akan anda beli tersebut aman dan nyaman untuk ditinggali dalam tempo yang cukup lama.  Nah sekian informasi yang bisa kami bagikan, semoga menginspirasi.

loading...
Tips Membeli Rumah Bekas | syella | 4.5